Membaca Peta

Aku tertawa ketika mendengar teman les bahasa inggrisku berkata bahwa hobinya membaca peta. Dalam batin, Apa enaknya?

Pun Nadia, ketika kuberikan softcopy lonely planet around the world, dia begitu suka membuat perjalanan imajinernya di dalam lonely planet. Seakan-akan dia sudah pergi berjalan-jalan saja.

Tapi sekarang aku berubah pikiran sekaligus. Dan mengimani mereka. Membaca peta itu menyenangkan. Setidaknya kita sudah berjalan-jalan tanpa perlu pindah satu inchipun dari tempat kita berada.

Aku beli banyak peta di kamar. Peta Indonesia itu wajib 'ain. Peta jogja aku punya, dapat dari gratisan teman. Peta mudik telkomsel aku punya, lumayan ada pulau Jawa, Sumatra dan Sulawesi. Dan yang terakhir, aku beli loakan National Geographic Traveler, hanya untuk dapat peta mudik bonusan. Haha, kadang terasa konyol sekali.

Dari peta, aku bisa membuat rencana perjalanan. Setidaknya aku tahu, ketika dalam perjalanan, aku melalui kota mana saja. Dan berjanji, untuk bisa singgah di kota-kota unik yang pernah ada.

Sungguh, ini bagian cintaku pada perjalanan. Membaca peta.

17 Februari 2011
18:43
udara dingin, masih beringus.

6 kata-kata:

Mentari pagi mengatakan...

Membaca peta itu salah satu bagian dari memaknai kehidupan...


Membaca peta = membaca dunia?

Yuanita Handoko mengatakan...

aku ingin punya peta dunia..

ginanjarisme mengatakan...

jadi inget masa kecilku di SD, karena aku gak bisa nggambar pemandangan, setiap pelajaran aku paling suka nggambar peta, rasanya nyaman banget bisa gambar peta. sambil membayangkan kita ada disana, menjangkau dari satu kota ke kota lain pada setiap goresan garisnya :D

dek siti mengatakan...

wah, hobi yg menarik!
hobi berimajinasi memang menyenangkan , setidaknya jika tidak dibentur oleh realita :)

postingan yg menginspirasi :)

Hilmy Nugraha mengatakan...

@siska, yup. menikmati perjalanan imajiner
@yuanita, beli atlas.
@adhi, nek dirimu nggambar peta neng bantal yo? haha
@ipah, ayo baca peta!

dofont mengatakan...

emang asik baca peta itu, setidaknya kita tau letak daerah2 yang kita ingin tau.
pernah berlama-lama aku di google earth hanya untuk berkeliling indonesia dan berkhayal semoga menjadi kenyataan...hahahahamin!

oya aku penah baca buku n byk penelitian yang menyatakan bahwa wanita itu susah baca peta. n aku sering menanyakan ini kpd temen2 wanitaku, n kebanyakan juga dari mereka gak "mudeng" klo aku nunjukin itu "arahnya kemana?"...hem coba deh!