Perjalanan 2010

alih-alih aku mempersiapkan semua resolusiku untuk tahun 2011, aku justru menyibukkan diri menulis apa yang sudah kulakukan di tahun 2010. ya, tidak baik melupakan sejarah. apalagi sejarah satu tahun yang lalu. aku meniru apa yang dilakukan mbak putri dalam blognya. dan ini adalah tulisan berdasarkan ingatanku yang mulai cekak, haha. apa saja yang sudah kulalui disetiap bulannya di tahun 2010.

januari
aku masih ingat dengan jelas. salah satu hal gila yang pernah kulakukan selain menyukai kakak kelas adalah menaiki sepeda dari kroya sampe rumah (kalibagor). jangan bayangkan jarak yang dekat yang bisa ditempuh hanya dengan sekian kayuhan. kroya-kalibagor berjarak hampir 40KM lebih. haha. ini adalah baktiku kepada bapak. dia beli sepeda tua di kroya, dan aku yang harus membawa pulang menuju kerumah dengan cara menaikinya. beegh! namun perjalananku terbayar dengan soto ni tiwen 2 mangkok. cihui.

bulan januari kusebut dengan tajuk 'bulan mengejar kereta'. aku iseng-iseng dengan azis, teman baikku yang pecinta kereta api, untuk mengejar kereta kethel (pertamina). namun upayaku gagal, dan hanya mendapatkan 2 kali masuk stasiun kereta api pagi-pagi tanpa menaiki kereta api apapun.

tapi setelah itu aku juga mengejar kereta di spot-spot terbaik untuk fotografi kereta. stasiun, karangsari, hingga gununglurah. keren lah! untung dapet gambar yang bagus.

februari
februari sudah kupersiapkan perjalanan jauh-jauh hari. ada janji dengan teman-teman fosma seluruh jawa bali ntb untuk menghadiri rakorreg di tasik. aku pergi kesana dengan menaiki kereta serayu, berangkat dari kroya.

di tasik aku mendadak menjadi betah. suasana yang menyenangkan, kekeluargaan yang hangat dan yang lebih penting, makanan yang banyak, haha. bahkan pandu, tuan rumah, dengan sengaja menyembelih satu ekor domba untuk kami semua. oh ya Rabb, inikah surga dunia. hingga muncul satu kalimat pamungkas saat rapat kala itu, 'senggol bacok'. haha. aku rindu suasana saat itu.

akhir pertemuan kami diajak ke galunggung. menyenangkan, sekaligus memorable. kami memang hanya ke pemandiannya saja, karena hujan turun lebat sekali. tasik, mie kocok, comreng, galungung, domba dan 'senggol bacok'. aku jadi ingin kesana lagi. tunggu aku, ndu.

maret
maret aku tak keman-mana selain kerumah sakit. penyakitku selama ini terdiagnosa. alhamdulillah.

aku menghabiskan banyak waktuku membaca buku. aku ingat ungkapan, membaca buku, adalah sebuah perjalanan namun kita tidak bergeser satu inchi pun. ah, memang kurang sebanding. tapi bukankah kesehatan lebih penting?

april
kalau ada bulan dengan pengeluaran terbesar selama tahun 2010, aku akan menuliskannya april. kondanganku 3 kali dibulan ini. tya di bumiayu, ircham di purworejo dan peni di pekunden. haha. kamu kapan hill?

bulan ini iwan datang ke purwokerto. ada pelatihan konservasi di baturraden. dan kita minggat semalaman ke slawi ambil cirengnya azis. huhui.

aku pergi ke semarang berangkat muswil. bareng iwan juga sepulang dia konservasi. kejar-kejaran antara nusantara dan supra injection hitam terjadi. hampir gondok dalam perjalananku selama itu.

di semarang aku liat pembukaan paragon mall, meski cuma lewat. mall yang katanya terbesar se jawa tengah. benar kah?

mei
ke kalibacin jadi petualanganku bersama temen-temen dari padang ilalang. disini aku bareng juga temen-temen dari satoe atap semarang. ini kunjungan balik mereka.

soto ni tiwen di traktir ambar jadi wisata kulinerku. lumayan lah. hihi.

car free day pertama di purwokerto aku menghadirinya. kerenlah. purwokerto ada CFD. bisa sepedaan tiap minggu. meski rutenya cuma pertigaan sawangan sampe prapatan palma.

juni
juni aku jadi supir spec. ke sma kejobong. ada pelatihan bahasa inggris disana. aku jadi tahu, ada sma ditengah-tengah daerah yang mirip dengan kebun ganja. haha. aku menyebutnya demikian, karena kebunnya berisi singkong semua. hehe.

bulan ini aku diajak duet menulis novel oleh sahabat baikku. menulis novel jarak jauh. namun di bulan ini juga, aku merasa drop se drop-dropnya. hilang semuanya. tapi aku bisa melewatinya, alhamdulillah. proyek novelnya? entah.

juli
munas fosma di semarang. ketemu teman-teman se indonesia. tambah teman, tambah saudara. berangkat bareng pandu dari tasik, akbar, puput n feli dari purwokerto. aku tak banyak bepergian di bulan ini. naik bis nusantara 2 kali sudah cukup lah.

agustus
di bulan agustus aku mempersembahkan rasa nasionalismeku dengan membeli peta indonesia. hehe. inilah peta perangku! akan kujelajahi setiap tempatnya! kataku.

purworejo jadi destinasi petualanganku. aku tak bisa menolak setiap aku diajak mudik oleh sahabat baikku, mutie. dan perjalanan kali ini, aku harus menenteng 2 box kayu dengan isi 2 ayam pelung super. di purworejo aku merasakan wisata kuliner sate kambing, yang katanya terenek di purworejo. beeh. ternyata yo biasa wae. alooot boi!

september
pergi pagi-pagi ke owabong selalu jadi pilihanku kalo ada sepupuku, nizar, maen ke rumah. itu selalu. dan pasti. kami berdua ingin merasakan semua permainan sebelum owabong ramai. hahai.

pergi ke kebumen mengunjungi teman lama. iwan dan iftien.

keliling purwokerto dengan swift (pertama kalinya aku naik swift, aku harus menyetirnya hingga tak bisa membuka tutup bensinnya, haha). aku diajak nge-guide temennya mbak ina, sepupuku, yang datang dari jogja. sip lah!

mulai bulan ini pula aku beberapa kali bike to wotk. cihui!

oktober
reuni smk telkom angkatan 10, dilaksanakan tanggal 10 bulan 10 tahun 2010. mantap dah. 101010. dan aku menjadi ketua panitianya. alhamdulillah, sukses. meski yang diharapkan tak datang. hehe.

jalan-jalan ke jembatan kereta di kebasen. keren lah. kalian harus kesini. murah meriah. tapi keren.

nonton wayang di srowot bareng naim, dan nonton kiai kanjeng di kebasen sampe jam 2 malam. kehujanan. tapi sepadan dengan hasilnya.

november
si putih sakit, hingga harus ku bawa ke puskesmac. terdekat ada di jogja. aku berangkat ke jogja. logawa selalu menemani perjalanan berangkat. disana ketemu bagus MCI, teman baik di MCI. ketemu nadia sebentar, diajak ke vrederburg.

mbah sakit, dan aku harus menungguinya bergantian dengan omku di rumah sakit. hingga 9 hari lamanya. setelah itu aku harus mengikhlaskan dia di panggil Allah. aku rasa itu lah yang terbaik.

ke muntilan antar bantuan kasur, ke kasongan ambil suvenir nikahan mas hendro, dan ke kasihan, maiyahan kiai kanjeng sampe jam 3 pagi.

di bulan ini aku mulai buka kantin harina. terimakasih teman-teman alumni smk telkom angaktan 10. ini semua milik kalian.

desember
desember bisa dibilang bulan traveling. mungkin semua perjalanan di bulan ini adalah akumulasi dari beberapa bulan yang aku tak pernah pergi kemana-mana.

ke bandung, belanja bahan kaos, mencoba jalan lingkar nagreg, hingga bertemu dengan sahabat lama.

ke jakarta, novia kolopaking, nasi goreong kambing kebon sirih, adhi yuwana, museum nasional, bogowonto, argo parahiyangan.

ke jogja, jec, pameran clothing, mbah mo, maiyahan di kasihan, bantul.

ke jakarta lagi, jualan batik n kaos. semacam ekspedisi dagang lah. kafilah dari purwokerto kita menyebutnya. haha.


aku kemudian berjanji kembali. akan memperbanyak tulisanku. setidaknya untuk kepuasan diriku sendiri, selebihnya aku balum tahu. aku akan menulis setiap bulannya, apa yang sudah kulakukan. dan siapa tahu ada penerbit iseng yang mau menerbitkan tulisanku yang buruk rupa. haha.

berjalan setiap bulan, membaca alam setiap bulan, dan menuliskannya setiap bulan. rasanya indah.

ya Rabb, bismillah bismillah bismillah...

6:57
31 desember 2010
sehari sebelum tahun baru,
neysa sudah beli terompet.
sembari mendengarkan bossanova jawa pagi-pagi.

5 kata-kata:

Puput Rusianingtyas mengatakan...

cihui dah!

:D

Mentari pagi mengatakan...

yap....semangat 2011

Hilmy Nugraha mengatakan...

@all, semangat.

Nisa mengatakan...

mas hil, bukannya munas bulan september ya? seinget ku berangkat tanggal 24 september pagi. maap kalo salah. hihihi..

Hilmy Nugraha mengatakan...

@nisa, opo iya? wah salah jadwal nih...