Berpetualang


Bagiku, petualangan tidak selalu harus ke tempat yang indah, jauh dan eksotis. Kadang kala kita sendiri yang menyempitkan makna ini.

Pernahkah kalian berfikir bahwa setiap perjalanan yang kalian lalui itu adalah bagian dari petualangan? Atau kita merasa sudah bosan dengan ratusan kali perjalanan dengan melewati jalan yang sama, hingga kita hafal dimana lobang jalan tiu ada, hafal jam berapa saja lampu akan menyala merah, hafal suasana ketika kita melewati jalan tersebut. Ah, yang ini memang membuat penat.

Aku banyak membaca dari beberapa tulisan teman tentang petualangan. Bahwa petualangan adalah perjalanan. Dan setiap perjalanan tidak selalu harus ke tempat yang kita belum pernah datangi sebelumnya, tempat yang kita harus bersusah payah menujunya, atau tempat yang sudah banyak direkomendasikan penulis perjalanan karena ke-surga-annya.

Setiap petualangan yang sesungguhnya bagiku adalah setiap perjalanan dimana kita bisa mengerahkan semua panca indera kita untuk mencerna apa yang terjadi disekeliling kita. Kita bisa melihat keindahan alam, atau bahkan kerusakan alam. Kita bisa mendengarkan suara burung di alam liar, atau bahkan suara bising motor di jalan macet. Kita bisa mengecap sedapnya makanan mahal bintang lima, atau bahkan pahitnya jamu gendong di pasar tradisional. Kita bisa mencium wanginya melati di kebun bunga, atau bahkan bau busuk di TPA. Kita bisa merasakan dinginnya hawa pegunungan, atau bahkan teriknya matahari di lapangan bola.

Percuma jauh-jauh ke Wakatobi, kalau kita memang tidak menikmati setiap meter jalan yang dilalui. Sayang kalau sudah jauh ke Sabang, kalau kita sendiri tidak mendapatkan apapun disana kecuali foto narsis yang memenuhi harddisk. Sungguh terlalu kalau kita pergi ke Flores, tapi tidak ada hikmah sedikitpun yang mampu kita tangkap. Sangat disayangkan benar-benar, kalau kita bisa pergi ke Belitung, tapi hanya bangga dengan diri kita yang sudah pernah kesana, tapi hasilnya nol besar.

Masih banyak destinasi indah, disekeliling kita yang bisa kita eksplor. Purwokerto masih luas, Cilacap masih belum terjelajahi, Purbalingga indah sekali, Banjarnegara tetap mempesaona dan Kebumen beriman. Ayo, yang dekat-dekat kita eksplor dulu. Yang jauh tentunya juga tetap kita list menjadi "the place i wanna go".

Semua itu petualangan. Dan nikmat tidak nikmat itu tergantung kitanya. Bagaimana kita mempersepsikannya, dan mampu mencerna apa yang ada, menjadikan itu sebagai sebuah petualangan hidup yang berharga.

Selamat Berpetualang!

070211
19:43
barry likumahuwa - mi angelita
terkadang, berjalan ke pasar saja sudah cukup menyenangkan.

4 kata-kata:

yuanita handoko mengatakan...

lihat, dengar.. rasakan dg tubuhmu.. hirup, dan kecap setiap perjalananmu..

dianalvaro mengatakan...

Menarik!!! gua ingin dapat jawaban dari pertanyaan2 yang ada di dalam diri gua.

dianalvaro mengatakan...

Menarik!!! gua ingin dapat jawaban dari pertanyaan2 yang ada di dalam diri gua.

Hilmy Nugraha mengatakan...

@yuanita, yeah, like this!
@dian, sip! keep searching.