hari #10 : tentang kuliah



#tentang kuliah

harapanku untuk menjadi orang yang pintar dibidang akademis nampaknya pupus sudah. apalagi melihat kondisiku sekarang yang mampu mencapai derajat kesempurnaan dalam mengakhirkan masa studi. 5 tahun untuk ukuran D3 adalah hal yang paling menyeramkan. bagai telur di ujung tanduk. kalau saja aku tak seimbang, ya DO bisa jadi reward untuk semua kenakalanku selama ini.

ditambah dengan nilai yang kucapai tak pernah mencapai angka yang membahagiakan diri sendiri, apalagi orang tua. justru malah aku mengikuti saran purdie chandra untuk jangan mendapat IPK baik. haha, saran yang sungguh menyesatkan.

teknik telekomunikasi adaah studi 4 tahun terakhir. namun untuk menghitung gain antena, tinggi BTS, atau bahkan redaman fiber optik saja aku sungguh pusing bukan kepalang. haha, 4 tahun aku dapat apa di kampus?

pembenaranpun aku cari-cari. tempat kuliah yang tak menyenangkan, dosen yang membosankan, perpus yang tidak lengkap, hingga birokrasi akademik yang rumit kujadikan alasan utama.

namun sebenarnya, kalau aku mau menggali lebih dalam dan lebih detail, justru selama 4 tahun inilah aku mendapat banyak ilmu dahsyat dari para guru-guru dahsyat pula. meski aku tak mendapatkannya di kampus. ya, seperti kata azis, fungsi dari kuliah itu adalah membuka wawasan dan cara pandang. dan itu sungguh kudapatkan benar-benar. aku yang 5 tahun yang dulu, sangat berbeda dengan aku yang sekarang. tentu saja perubahan-perubahan baik, insya Allah.

aku pernah berpikir nakal. jika aku diberi kesempatan lagi untuk kuliah, dengan tenaga yang optimal, dengan otak yang cemerlang, dengan cara pandangku seperti saat ini dan tanpa mengurangi masa hidupku di dunia, studi apa yang akan ambil? akan aku jawab dengan sedikit alasan yang menarik, hehe.

- pertanian
beberapa tahun terakhir aku menempatkan pertanian sebagai passionku. tentu saja setelah mengetahui arti dari 'passion' itu sendiri. pertanian adalah tema yang menarik. ilmu yang luar biasa. kebermanfaatannya bagi masyarakat sungguh nyata. apalagi untuk orang desa macam aku. haha. aku pengen belajar menanam padi dengan kualitas tinggi, hingga bisa ekspor dan orang-orang mampu menirunya. aku ingin bertani dengan teknologi tepat guna sehingga masyarakat disekitar bisa menirunya dengan mudah. wah, niat yang mulia. oh ya, aku akan ambil di IPB. bogor tetap jadi kota yang menarik untukku. ada sesuatu dari dulu disana...

- dkv
desain komunikasi visual. dari namanya saja sudah membentuk persepsi bahwa studi ini penuh dengan teknologi dan ilmu kreasi. benar. aku suka menggambar sejak kecil, meski tak ada orang yang mengatakan gambarku baik. hehe. dkv bisa jadi pelampiasan akan hobi menggambarku. itu saja. akan aku ambil di ITB. wow. sekolah teknik terbaik yang ada di indonesia. cita-citaku!

- seni musik
suaraku fals, memegang gitar hanya bisa kunci dasar, menabuh dram bukan main kacaunya, dan meniup sulingpun hanya bisa membawakan lagu ibu kita kartini. haha. tapi bukankah kita mempelajari sesuatu karena kita tidak bisa akan hal itu? ya, aku aku ingin bisa menabuh alat-alat musik. mengerti mengaransemen musik. membuat lagu. hingga membuat album. hoho. menggabungkan musik tradisional dengan muasik modern itu cita-citaku. macam saharadja, kiai kanjeng dan new project lah. kereeeen! aku ambil di jogja saja, di ISI mungkin. lingkungan seni jogja selalu membuatku nyaman.

- pariwisata
jalan-jalan dan jalan-jalan. hehe, harapanku kalo masuk jurusan pariwisata. berkenalan dengan bule, banyak teman, hinga mengunjungi tempat-tempat ternaik di dunia. wow! awesome! semoga ya Allah... amin. akan ku ambil di bali, aku percaya, ilmu pariwisata disana adalah yang terbaik di Indonesia. universitasnya? udayana mungkin.

haha, itu semua hanya khayalanku saja. aku tentu tak mungkin mengambil ke semuanya dengan memasuki gerbang kuliah reguler. aku tak mau usiaku hanya habis di kampus, pindah dari kampus satu ke kampus lainnya. jadi satu persatu saja kuakali, dengan mempelajarinya dengan studi informal. membaca buku, browsing, berkunjung, silaturahmi ke guru dan diskusi. akan kukerahkan semua usahaku untuk mempelajari itu semua. seperti kata cak nun, seharusnya yang menajdi perhatian kita adalah hal yang tidak kita kuasai, bukan hal yang setiap hari kita jalani. wow, nice words!

selanjutnya, aku akan kembali ke dunia nyata, bahwa aku harus mengambil tugas akhir di februari ini. tugas akhir boi! ya, ini adalah pintu keluarku dari kawah candradimuka yang bernama kampus, haha.

hampir februari ya Allah,
bulan kasih sayang, semoga rahmat-Mu selalu menyelimutiku...

23 januari 2011
09:20
slank selalu enak di dengar, apalagi lagu maafkan.
sudah kenyang, tadi sarapan pisang.

9 kata-kata:

yuanita handoko mengatakan...

banyak memang yg didapat dari bangku bernama kuliah, bukan hanya ilmu tapi juga pengelaman yg membuat diri makin baik.. semangat, kamu pasti lulus dengan hasil terbaik..

Rizky mengatakan...

betul kata azis

Mentari pagi mengatakan...

Wah...IPB, Benar......


Bung Karno Pernah Berkata..
Hidup matinya negeri ini ada di tangan pertanian.....

Sivi B.S. mengatakan...

berminat masuk kedokteran mas?

Hilmy Nugraha mengatakan...

@yuanita, iya, amin. thanx yaa.
@rizky, cip!
@siska, yoooi
@sivi, wah, kykna ndak ik. mumet je. hehe

adiekeputran mengatakan...

keren banget kata2...wah boleh belajar ngeblog sama mas nih..hehe
*maklum baru belajar ngeblog..hehe

Hilmy Nugraha mengatakan...

@adie, hehe, sama-sama belajar yaaa....

Nisa mengatakan...

mari kita berjuang bersama mas!!
saya juga HARUS lulus semester ini.
:D

Hilmy Nugraha mengatakan...

@nisa, wow, btw, dirimu sopo to?