hari #2 : tentang andrea hirata



#tentang andrea hirata

andrea hirata adalah maestro. dan aku memujanya.

aku melihat novelnya di tahun 2007, 2 tahun setelah novelnya terbit. sebelumnya aku sangat tak menikmati novel selain ahmad tohari. namun, untuk kali ini aku tertarik. bukan karena judul, atau sinopsis di sampul belakang. tapi lebih karena biografi singkat dia yang ada di lembar terakhir. aku sungguh terpana. master bidang ekonomi menulis novel? mustahil!

namun dia hebat. menyulap hal mustahil menjadi nyata. menyihir hal yang tidak mungkin jadi bisa terjadi. lintang, arai, enong adalah tokoh buatannya yang membuatku selalu bersemangat. lintang dengan kecerdasan alamnya, arai dengan semangat bajanya untuk hidup dan enong dengan tekad kuatnya dalam menginginkan sesuatu.

aku banyak belajar dari andrea hirata. kata-kata semangatnya banyak mengisi di pikiranku. beberapa bahkan menjadi quote favoritku. buku-bukunya kumiliki semua. kalau dia menulis lagi, akan kubela-belakan untuk membelinya. bagaimaapun caranya.

andrea jadi patronku. persembahan tulisannya kepada guru masa kecilnya, ibu dan ayahnya, selalu membuatku percaya, bahwa dia orang yang luar biasa peduli dengan seseorang di sekelilingnya.

laskar pelangi, sang pemimpi, edensor, maryamah karpov, padang bulan dan cinta di dalam gelas, bisa kubilang karya-karya dahsyat dekade ini.

filma-filmnya tak pernah aku kecewa dengan penggarapan riri riza dan mira lesmana. salut untuk mereka!

dia merelakan dirinya keluar dari pt telkom, bumn besar di indonesia, untuk kemudian berniat mengembangkan kampung halamannya dan berkarir di bidang kepenulisan. bahkan, karenanya pula pulau belitung jadi punya sebutan bumi laskar pelangi. pulau belitung jadi tempat wisata yang menarik karena tulisan-tulisannya. sebuah kebermanfaatan yang mengganda.

andrea, kau tahu, jika aku tak bersemangat, ku buka lagi buku-bukumu..

terimakasih boi!

17:33
15 januari
sembari mendengarkan aku mau-nya Once.
ah, flu memang tidak enak.

5 kata-kata:

melynsalam mengatakan...

kelas 2 smk. hahaaaaiii...

Yuanita Handoko mengatakan...

yups, spirit dari kata2nya itu lho

Hilmy Nugraha mengatakan...

@melyn, apa kau? huuu...
@yuanita, aku suka kata-katanya, he

afi mengatakan...

Andrea Hirata, langsung masuk list penulis-jaminan-buku-bagus sejak baca buku pertamanya.

Hilmy Nugraha mengatakan...

@mbak afi, yup, bener banget!