Tepung Persahabatan

Seorang kawan saya datang dari Kota Pelajar Jogja. Ia sedang menjalankan usaha menjual emping melinjo dan tepung tapioka. Tapi levelnya ekspor. Datanglah dia bersama dua kawannya, seolah-olah ingin berkonsultasi pada saya. Ah, saya saja masih gagap. Tapi tentu takkan saya tolak semua niat baiknya. Saya jawab setahu saya.

Dia mengingatkan perjalanan persahabatan kita sejak kuliah. Dimulai dengan proyek organisasi dalam mengembangkan unit bisnis. Berjualan beras, berjualan jaket, berjualan kaos. Macam-macam sudah. Tapi selalu berujung gagal.

Ah ya, kami sama-sama sudah melangkah, meskipun sendiri-sendiri tapi hakikatnya sama tujuannya, pengabdian.

Bagi saya ini proses yang panjang, bisa jadi dahulu kita masih singkong, dan sekarang sedang menjadi tepung tapioka. Esok entah menjadi apa, bisa jadi kue basah atau es krim. Tapi bahan baku asalnya tetap sama.

Ini jangan sampai lupa.

Hilmy Nugraha

@hilmyhilmyx

0 kata-kata: