Kalender Jayabaya

Saya sengaja pesan 3 eksemplar tanggalan Jayabaya ini ke saudara saya di Jogja. Di Purwokerto tidak ada yang menjual kalender unik ini. Di Jogja pun hanya di Mirota Batik. Kalender ini unik. Saya mulai kenal ketika pertama kali cek kesehatan Rini untuk kehamilan Bumi di klinik Bidan Tantri, Cilacap. Pertama kali melihat langsung jatuh hati. Saya putuskan 2013 mulai menggunakannya.

Selama 2013, saya hanya suka melihat gambar-gambar di kelendernya saja. Terus terang. Gambar wayang dengan suasana yang berbeda hampir memenuhi separuh halaman kalender.

Padahal, tulisan disamping kanan layout kalender itu tak kalah penting. Ada sistem penanggalan Jawa yang sangat detail menjelaskan waktu dari Hari, Pasaran, Minggu, Bulanan, Tahun, Windu, dan seterusnya. Menarik.

Di tahun 2014, saya kembali memakainya. Dan saya bahkan membelikan untuk markas besar komunitas saya, L22. Kekaguman saya bertambah. Kalender ini jadi bacaan unik untuk para pembaca pertamanya. Kukuh jadi semakin bersemangat membaca tanggalan. Mengepas-ngepaskan hari baik. Menghindari hari buruk.

Ah, jadi banyak gunanya ini kalender. Selain gambar wayangnya yang apik, tentunya.

Hilmy Nugraha

@hilmyhilmyx

- sent from my Lenovo Android

2 kata-kata:

Anonim mengatakan...

kalender nya impor ya my, hihi..

aku malah pake kalender undangan nih

Hilmy Nugraha mengatakan...

apapun undangannya, yang penting niatnya, hahaha opooo