act decrease global warming

Tahukah kamu…

1. Melepas stop-kontak perangkat listrik walaupun ketika alat elektronik itu dimatikan = menghemat 40-50% daya listrik.

Itu berarti pula, mengurangi panas yang timbul dari alat elektronik yang merembet ke pemanasan global. Selain itu, toh bayar listriknya jadi lebih murah.

2. Kantong plastik butuh waktu 1000 tahun untuk terurai di TPA(tempat pembuangan akhir).

Sekitar 300 juta buah kantong plastik dibuang tiap tahunnya di TPA di Indonesia. Belum lagi yang dibuang di sungai-sungai dan tempat2 yang tidak semestinya.

3. Ketika kamu membeli 1 liter air mineral di supermarket = beli 5 liter air. Tanya kenapa?

Karena di pabrik, untuk mendinginkan botol plastik panas yang baru dicetak, membutuhkan 5 liter air… cck cck cck…Kode botol apa yang aman digunakan sebagai botol air? Lihat tanda dibawah botol, itu, tuuuh, ada gambar segitiga recycle, nah di dalam segitiga itu, ada nomornya, cari nomor 2,3 atau 4…. selain nomor-nomor itu… they’re not safe, karena sama aja kamu makan plastik!!!! Nomor itu menunjukkan berapa kali botol plastic sudah di recycle.

4. 10kg kertas koran yang siap di jual loakan… itu membutuhkan 1 pohon yang butuh waktu 10 tahun untuk jadi besar.

Bayangkan yang terjadi dengan ilegal logging… how many trees has been cut down for you? Imagine how they make the world hotter? Jadi, pakai kertas di kedua sisinya, yah, karena toh kita agak nggak mungkin untuk berhenti make kertas.

5. Tisue yang udah di pakai itu ngga bisa di recycle… begitu juga karton2 yang bekas kena minyak, makanan, kue, minuman… They’re only a waste! Mau ngga mau tanahlah yang harus merecycle.

Perkiraan orang memakai tisue 6 biji sehari. 2.200 biji setaun. Berarti kira2 44 MILIAR biji seluruh Indonesia setaun… Kalau kita menghemat 1 lembar ajah tiap hari… berarti kita mengurangi sampah kertas sebanyak 7 MILIIAR biji setaon… HEBAT KAN ? kalau memungkinkan, bawa sapu-tangan aja kemana2.

6. Be Green on ATM

Kalo di ATM kan ada yang ambil uang tidak pakai receipt… atau be smart dong… Transfer lewat Internet banking atau mobile banking….8 MILIAR kali transaksi di ATM yang mengeluarkan kertas receipt tiap tahun adalah salah satu sumber sampah terbesar di dunia. Kalau selama setahun orang transaksi tidak pakai kertas receipt, itu akan menghemat satu roll besar kertas yang bisa buat melingkari garis equator sampe 15 kali !!!

7. Minimal punya 2 macam tempat sampah di rumah, membantu mengurangi polusi air, udara dan tanah.

Pisahkan sampah basah (sisa makanan dan masakan, daun, minuman) dan sampah kering ( botol, plastik, kertas, kaca)

Lebih baik lagi untuk memisahkan sampah menurut 4 kelas :
- Plastik (pembungkus makanan, kantong kresek, kantong belanjaan)
- Rumah tangga (tulang ayam, sisa capcay, makanan basi)
- Kertas (Pembungkus gorengan, popok bayi, tisue yang sudah dipakai)
- Buku bekas catatan, kertas2 tagihan, koran, kertas iklan… disendirikan untuk dijual
- Logam (kaleng susu, kaleng makanan) dan kaca.

Hanya butuh waktu 2 bulan untuk menjadikan sampah rumah tangga menjadi kompos yang bisa dipakai lagi untuk pupuk tanaman…

Polar Bear / Beruang kutub yang lucu itu ngga bisa berenang… tapi karena global warming di Kutub Utara, mereka harus berenang 30km untuk mencari es tempat berteduh.

Watch DISCOVERY CHANNEL : PLANET EARTH… pasti nangis deh melihat perjuangan seekor beruang kutub yang akhirnya mati karena kelelahan mencari daratan.


dari blognya Zy, aku lupa alamatnya.

1 kata-kata:

nad mengatakan...

tisu lebih mending daripada sapu tangan.

ndak nulari orang!