Hobi Sekarang

Aku iseng-iseng bertanya kepada saudariku yang cantik (maksa) yang ada di Surabaya, tentang hal-hal yang ia senang lakukan sekarang. Maka ia menjawab dengan cepat 'Memasak'. Hehe. Sepertinya wanita memang seharusnya demikian, pintar memasak meski hanya sayur kangkung.

Aku memang sedang iseng saja. Sering kulemparkan pertanyaan-pertanyaan aneh kepada teman-teman dekatku. Sekedar sharing, berbagi pemikiran atau mungkin inspirasi. Salah satunya tentang hal-hal yang senang dilakukan saat ini.

Hobi manusia bisa berubah, tergantung lingkungannya. Beberapa waktu lalu aku sedang suka sekali menonton film. Puluhan film kutelan dalam waktu beberapa hari saja. Sayang, aku tak pandai menulis resensi film, sehingga hilang tanpa bekas apapun. Apalagi temanku dari Papua pulang selepas kerja, membawa harddisk eksternal berisi film-film menarik. Hahai, puas sekali aku!

Namun sekonyong-konyong hobiku berubah kemudian. Setelah datang ke Maiyahan Mocopat Syafaat di Jogja, aku jadi suka sekali mendengarkan shalawat dan wirid. Entah. Aku sering berlama-lama di mushola samping rumah, padahal biasanya setelah sholat aku lantas pulang, tanpa mengikuti wiridan rutin. Aku jadi mencari banyak video shalawat di Youtube. Aku mencari lagu-lagu Kiai Kanjeng yang berisi shalawat. Kuhapalkan teksnya. Aku kemudian mencari shalawat Burdah hingga shalawat tarhim. Barzanjipun tak lupa. Sekedar belajar dan suka mendengarkan nadanya.

Jika ditanya artinya, akupun kadang tak mengerti semuanya. Tapi nada dan teksnya sudah pasti mencerminkan kecintaan kita kepada Rasulullah. Ya, sedemikian rinduku padanya, hingga aku hanya bisa bershalawat.

Kemudian aku dengan tak sengaja menemukan teks wirid dan shalawat Kiai Kanjeng. Bukan main senangnya aku saat itu. Ya, lumayan bisa buat bekal menghafal.

Maka, jika ada yang bertanya, hal apa yang sedang senang kulakukan sekarang, maka akan kujawab dengan jelas, 'Menghafal shalawat dan wirid'.



29 Maret 2011
08:19
Surat Cinta Kepada Nabi - Fahd Djibran
ah, sedemikian rinduku padamu Ya Rasul...

9 kata-kata:

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

bagus Mi, semoga kesenangan yang ini nggak luntur dan berpihak ke lain ;)

Avita Dewi Septiarini mengatakan...

aku suka masak....^_^ dari dulu sampe sekarang..hehe

Pasar On Line mengatakan...

hoby yang menyenangkan... dilakukan akan lebih mengembirakan :)

heidyana pratiwi mengatakan...

wahh hobby yg bgs mi :D

Nova Miladyarti mengatakan...

moga hobi yg ini bertahan lama yah mas:)

Unknown mengatakan...

mas,.
hardisk external na pinjam donks.
pgn ngopy film na,.

ane suka bgt nntn film,.
sampe" kdg ngk kuliah, gr" keASYIKan nntn film.
*jgn ksh th yg laen yha mas,.
ehehehehehehehehe

Hilmy Nugraha mengatakan...

@all, amin, makasi yo... semoga istiqomah.

Yuanita Handoko mengatakan...

menyalurkan kerinduan padaNya.. hobi yang bagus..

Hilmy Nugraha mengatakan...

@nita, amin. makasi ya. moga bisa berkelanjutan.