#6 : Kampanye Islam



Mengkampanyekan Islam

Salah satu kesalahan paradigma dalam berdakwah adalah menyampaikan kebenaran kepada orang yang sudah benar. Itu sama saja menuangkan kopi pada cangkir yang sudah penuh. Memang, bisa jadi itu sebagai pengingat kebaikan, tapi alangkah lebih bijaknya lagi apabila bisa merangkul sebanyak mungkin orang lain, untuk mengetahui bahwa ada kebenaran dan kebaikan Islam.

Analogi ini persis seperti partai politik yang hanya kampanye di kalangan massa-nya sendiri. Tak perlu disuruh mengikutipun mereka sudah pasti memilih partai itu. Yang diperlukan sesungguhnya adalah berkampanye di tempat-tempat yang belum pernah dijamah partai, atau bila mungkin malah kampanye dimassa partai lain. Inilah kampanye yang sebenarnya.

Pun dengan Islam. Sebuah dosa sosial namanya, jika kita tidak berdakwah, tidak berkampanye kepada orang lain yang sebenarnya memang membutuhkan Islam. Bagaimana bisa merangkul anak jalanan untuk sholat, jika sholat saja masih memilih-milih masjid? Bagaimana bisa mengajak pelacur taubat, jika melihat orang lain saja kadang masih meremehkan? Bagaimana mampu membuat preman taubat, jika bergaul dengan orang saja memisah-misahkan diri? Bagaimana bisa menceramahi orang-orang bejat, jika kita sendiri sudah tidak bisa masuk kedalam lingkungan tersebut? Bagaimana mau membuat perubahan besar untuk Islam, jika kita masih terpaku pada polarisasi kelompok, tidak mau membaur, dan menerima kebaikan dari orang lain?

Bahkan, hidup kita itu sejatinya adalah kampanye atas apa yang kita yakini. Kampanye kehidupan spiritual kita. Orang akan menilai apa yang kita lakukan dengan mengkomparasikan, keyakinan apa yang kita anut. Berhati-hatilah.

23 April 2011
05:31
Promise Her Moon - Mr Big
pagi ini indah sekali, saatnya bersepeda.

5 kata-kata:

Dani Kaizen mengatakan...

@Hilmy Nugraha, KEREN !!!
Aku suka tulisan kamu yg ini ....
(ngomong2, Akun FB kamu namanya apa ya ? atau email nya saja juga ga pa2)

Rizky mengatakan...

@dani : dia ga punya FB mas, dia ga suka FBan.. sukanya SMSan.. haha pdo wae..

piss sob

Hilmy Nugraha mengatakan...

@mas dani, saya ndak punya FB mas, imel ada di gnumyx@gmail.com, twitter ada di : @hilmyhilmyx, silakan.

@rizky, njuk piye?

Anonim mengatakan...

assalamu alaikum mas hilmy, boleh tanya gak..??
yang harus dilakukan, apakah melakukan keduanya atau salah satunya..? mendakwahkan baik kepada yang paham maupun yang tidak paham terhadap agama...? makasih jawabannya wassalamu alaikum

Hilmy Nugraha mengatakan...

@anonim, yang penting dalam islam itu outputnya, kebaikannya. rahmatan lil alamin.