#1 : Musik Asik

Aku memang sedang suka mendengarkan Kiai Kanjeng. Terkadang akustiknya John Mayer, versi live-nya Norah Jones, atau edisi best of the best-nya Naif. Sesekali sedikit bossa dengan mendengarkan Bossanova Jawa, 3 album. Atau disela-sela bersepeda aku ingin rilex sambil ber-reggae bareng Bob Marley.

Boleh saja.

Tapi jika ditanya lagu siapa yang paling menginspirasiku? Maka aku akan menjawab gagah, Padi.

Sampai saat ini aku masih terkagum-lagum dengan musik-nya Padi. Meski beberapa waktu terakhir sedikit kecewa dengan Yoyok yang kena narkoba. Tapi tak apa. Yang penting Padi jangan sampai bubar. Hehe.

Permainan Padi tak pernah tak baik. Dari segi komposisi, menurutku band ini adalah band matang. Vokal Fadly yang punya karakter. Lembut namun bisa sesekali menaik tanpa ancang-ancang. Tinggi namun bisa berat. Gitaris Piyu jangan ditanya. Aksi panggung memang kadang terlihat biasa. Namun permainannya sempurna. Rindra membetot bass-nya dengan mantap. Sesekali dalam setiap lagu ada aksi solonya. Atau memang permainannya cukup susah, namun enak didengar. Ari, jagoan rhytm, memainkan efek dengan ciamik. Menambah syahdu setiap lagu Padi. Yoyok pada drum sepertinya tak pernah setengah-setengah memainkan alatnya. Pukulannya yang keras penuh teknik selalu dilakukan.

Lagu-lagu Padi tak pernah terkesan 'vulgar'. Lirik-liriknya penuh makna dalam. Kiasan disana-sini, namun indah didengar. Tak seperti lagu sekarang-sekarang ini. yang tak usah ditafsirkanpun kita sudah tahu artinya.

Bisa jadi ini hanya penilaian subyektifku. Tapi bagaimana kalau ini sudah menjadi opini publik? Apalagi dengan kekompakan antar personil yang sudah tidak diragukan. Dari awal berdiri, tahun 1997, hingga kini, Padi masih dengan formasi lama. Dan semoga begitu hingga akhir nanti.

Lagu yang kusukai? Semua. Dan terlebih "Perjalanan Ini". Lagu yang selalu membuatku bisa menyanyi disetiap perjalanan. Kemanapun itu, dengan moda tranportasiapapun itu, dengan siapapun itu, dan kapanpun itu.

Padi, seperti sihir bagiku. Musik-musiknya hampir menyatu dengan nafasku. Dan begitulah, karena bermain musik itupun membutuhkan totalitas, bukan setengah-setengah.



6 April 2011
09:17
Padi - Kasih Tak Sampai
Jika ingat Padi, aku ingat Iwan, teman baikku yang Sobat Padi.

7 kata-kata:

heidyana pratiwi mengatakan...

menanti sebuah jawaban,..lagu yg penting banged, apalagi di saat2 gag bisa jwb pertanyaan ujian, Hhheee,..~

afi mengatakan...

setuju pake banget :D

kurapninja mengatakan...

...ada namaku disebut.

yuanita handoko mengatakan...

'harmoni' lagu yang luar biasa.. liriknya dalam, musiknya pun indah..

Hilmy Nugraha mengatakan...

@dy, haha, bisa aja nih.
@afi, padi is the best.
@iwan, haha

Hilmy Nugraha mengatakan...

@nita, iya, itu juga kereeen!

biNtaNk geMintaNg mengatakan...

semua lagu padi dari album pertama sampe yang sekarang, suka semuaa ... :)