merubah kebiasaan


salah satu hal yang begitu mempengaruhi kehidupan kita adalah kebiasaan. seperti apapun kebiasaan kita, entah baik entah buruk maka akan berpengaruh terhadap kehidupan kita. kalau hidup kita dikelilingi dengan kebiasaan baik tentu itu bukan amasalah. namun yang parah adalah jika hidup kita penuh dengan kebiasaan buruk. inilah saat yang tepat untuk merubahnya.

merubah kebiasaan itu mudah, yang susah adalah menjaga ritme kita agar senantiasa dalam perubahan. kalau dalam ilmu pengembangan diri, biasa dikenal dengan self-transformation. dan itu biasanya dilakukan dengan cara melakukan kebiasaan baru selama 1 bulan penuh tanpa henti. maka secara ilmu, alam bawah sadar kita membuat pola-pola itu menjadi sebuah kebiasaan. sehingga timbullah kebiasaan baru. nah, ini bisa anda coba resepnya.


Suatu malam, sebuah kapal berlayar menembus kabut, begitu Henry Cloud berkisah dalam bukunya, Integrity. Beberapa saat kemudian sebuah cahaya pucat muncul tepat di arah yang ditujunya. Ketika kapal itu terus maju, cahaya menjadi lebih terang dan kapten kapal melangakah ke arah kemudi untuk memeriksa situasi. Saat itulah radio berbunyi, "Perhatian, memanggil kapal dengan 18 knot arah 220 derajat, segara ubah arah Anda."

Sang kapten menghampiri radio menjawab, "Di sini kapal di arah 220 derajat.  Anda yang harus mengubah arah anda!"

"Negatif, Kapten. Anda yang ubah arah!"

"Saya Laksamana Angkatan Laut Amerika Serikat", sahut sang kapten mulai marah, "Siapa Anda?!"

"Saya letnan muda di penjaga pantai Amerika Serikat, Pak.."

"Kalau begitu saya perintahkan Anda untuk mengubah arah!"

"Tidak Pak. Saya sarankan Anda yang ubah arah."

"Kami adalah kapal perang dalam tugas", sang Laksamana naik pitam, "Saya perintahkan Anda ubah arah sekarang juga!"

"Kami mercusuar Pak!", kata sang letnan muda.


satu hal yang perlu dipelajari, kalau kita tidak mengubah diri kita sendiri, maka jaman lah yang akan mengubah kita. mau tidak mau. suka tidak suka. itu pasti.


Hilmy Nugraha
menyukai sastra, perjalanan, musik, dan air putih.
bermimpi keliling indonesia.

0 kata-kata: