memuliakan anjing



apa yang kamu bayangkan ketika mendengar kata anjing?

gonggongan keras? liur menetes-netes? ekor bergerak-gerak? lidah terjulur-julur? lari-lari kecil entah kemana? atau bahkan 'anjing' itu kata yang tepat untuk menghina seseorang?

anjing itu tidak hina. hanya saja manusia yang membuat anjing itu hina. sehingga untuk menghina manusia kita sering menggunakan kata 'anjing'. anjing itu mulia, bahkan bisa lebih mulia dari manusia. hanya saja mungkin air liurnya yang membuatnya bisa menjadi najis mugholadhoh. yang untuk membersihkannya kita harus membasuhnya sebanyak 7 kali dengan air dan terakhir dengan air. namun bukan berarti anjing itu hina.

kalau dilihat bahwa air liur membuat anjing jadi lebih hina, justru, manusia bisa lebih hina. karena didalam perut kita penuh dengan kotoran. penuh dengan najis. apakah kita tidak lebih hina dari anjing?

sama seperti analogi mulut dan anus. tidak berarti anus lebih mulia dibandingkan mulut. karena anus letaknya dibawah untuk mengeluarkan kotoran dan mulut diatas untuk memasukan makanan. bisa jadi, mulut lebih rendah kedudukannya daripada anus, karena kita sering mengeluarkan kotoran dalam bentuk perkataan yang lebih hina daripada kotoran dalam arti sebenarnya. setiap elemen kehidupan punya peran sendiri-sendiri. disitulah letak kemuliaan dirinya.

anjing termasuk elemen kehidupan. dia menjalankan perannya sebagai makhluk ciptaan AlLah sesuai tugasnya. seharusnya kita tidak menghina-hinakannya. setiap ciptaanNya adalah kesempurnaan. tidak ada yang tidak didesain secara asal-asalan dan tanpa tugas yang jelas olehNya.

bahkan, seorang pelacur bisa masuk surga karena telah menyelamatkan anjing yang kelaparan. bahkan, pemuda ashabul kahfi diselamatkan oleh anjing. puntadewa bisa mencapai moksa dengan anjing pendampingnya. dalam film haichiko, terlihat betapa kesetiaan seekor anjing kepada majikannya hingga majikannya telah tiada.

seharusnya kita bisa belajar dari anjing. dari hewan yang kata orang hina. bukan hanya menggunakan namanya untuk menghina orang lain.

berpikirlah global!

salam anjing!

2 kata-kata:

dhay mengatakan...

salam! :D

Hilmy Nugraha mengatakan...

@dhay, haha, salam.