#5 : Merasa Tua

Merasa Tua

Ternyata aku sudah berumur 23 tahun. Umur yang sudah tak bisa dibilang remaja lagi. Dulu, aku begitu takjub kepada anak muda dengan usia 23 tahun. Rasanya memang pada umur segitulah mereka banyak berkarya. Aku melihat Sjahrir, Soekarno, Chaerul Saleh, Wikana juga Sukarni, apa yang sudah mereka lakukan diusia 23 tahunnya. Luar biasa.

Kemudian aku melihat masa laluku. Apa yang sudah kulakukan selama ini? Apa hanya sampah? Yang sudah sepantasnya dibuang saat ini? Atau emas, yang bernilai jual tinggi? Aku sendiri masih bingung memetakannya.

Teman baikku pernah mengirim pesan sebagai berikut, "Andai aku bisa balik ke masa SMP dengan wawasan dan karakter seperti sekarang. Masa muda memang istimewa. Sayang sekali untuk disia-siakan.". Aku mengerti benar. Anak muda sekarang (meski tak semuanya) cukup banyak memprihatinakan dikacamataku. Bergaul tidak jelas, mengikuti mode tanpa bisa menjadi diri sendiri, pacaran tidak karuan, dan hal-hal tak jelas lainnya.

Aku sendiri sudah merasa tua. Merasa sudah waktunya melewati hal dengan lebih serius. Meski tentu saja ada canda didalamnya. Intinya adalah melewati segala hal dengan penuh tanggung jawab. Menurutku itulah yang disebut kedewasaan.

Ya, semoga yang tua ini, masih bisa berjiwa muda. Mencoba melakukan banyak hal, semangat tanpa batas, tidak takut tantangan, memiliki idealisme dan mencetak sejarah baik. Ah, indahnya...

7 Mei 2011
08:22
21st Century Kids - Jammie Cullum
malem minggu, saatnya dirumah saja.

3 kata-kata:

Mentari pagi mengatakan...

wah......semoga seperti padi ya??

Yuanita Handoko mengatakan...

akupun juga sudah merasa tua.. haha..

pasti hil, harus tetep berjiwa muda.. semangat!

Hilmy Nugraha mengatakan...

@siska, amin.

@nita, jiwa muda, harus selalu bergelora.