playlist of the week

playlist minggu ini.

karena bingung harus menulis apa untuk minggu ini, akhirnya muncul ide konyol ini. menuliskan 'playlist of the week'. aku pernah membaca judul ini di blognya mas nuran yang lama. lumayan buwat referensi ide lah. hehei.

setelah harddisk internal si putih pernah rusak, sekarang aku tak berani download banyak musik lagi. harddiskku cuma 160 GB. dan lagu sudah menempati hampir seperempatnya. haha, nampaknya memang harus upgrade harddisk ni.

musik terakhir yang kudownload adalah the fellow, dengan album hiperbola. ku ambil dari yesnowave.com. dan itu sudah beberapa bulan yang lalu. lama nian.

untuk kali ini, aku sedang tidak berafiliasi dengan satu genre musik. semua sedang kucampurkan. ada jazz, rock, blues, acoustic, sampai ballads. mungkin seperti itu juga suasana hati ku. bercampur tak karuan, karena ada rumus abadi, 'lagu yang senang kita dengarkan itu sesuai hati'. haha, kita buktikan.

norah jones - humble me
dari album feels like home. lagunya simpel. akustik. suara norah yang tetap berat tapi merdu. ah, cocok untuk pengantar tidur, dan orang yang sedang, ah, kalian tahu itu.

mengejar harapan - gugun and the bluesbug
ini sudah seperti lagu-lagu blues biasanya. lirik pelan, chorus yang diulang-ulang dan permainan gitar yang lebih dominan. gugun memainkannya dengan sempurna. akhir lagunya pun mantap. sedikit permainan gitar menutup lagu ini dengan gagah.
lagu ini soundtrack dari laskar pelangi lho. cip lah!

layang-layang - letto
satu hal yang aku sukai dari lagu-lagu letto adalah, lagunya enak didengar. sabrang, sang vokalis bersuara lembut bagai arumanis. mudah ditelan. permainan gitarnyapun bersih. si patub memainkan dengan cip!
lagu layang-layang ini sedikit nge-beat. bercerita tentang mengejar sebuah angan-angan. jangan pernah menyerah. seperti itulah intinya.

patience - gun n roses
ini lagu legendaris. sudah ku play sejak aku masih berseragam putih biru. ini juga karena influence teman-teman yang rata-rata pecinta musik rock. gun n roses bisa jadi dewa mereka saat itu. haha, berhala peradaban memang. dan aku sempat menyembahnya beberapa saat sebelum aku tertarik ke musik punk. lagu ini tentang lagu rindu. romantis tapi tetap maskulin. siulan axl rose diawal lagu merdu dan memorable. mirip wiridan dari mushola kampung.

you make my world so colorful - daniel sahuleka
suaranya cempreng! kata melyn.
aku jatuh cinta pada daniel saat pernah liat di tv. aku lupa nama acaranya. yang jelas di tampil live dengan sangat menawan. dengan gitar bolong, tampil akustik sudah macam dewa saja. suaranya emang cempreng, tapi lirik n garapan musiknya duahsyuat. daniel sahuleka, asli indonesia, hanya besar di belanda.

when you love someone - bryan adams
aku pernah punya original vcd-nya bryan adams yang pas live di MTV. aksi panggungnya simpel. permainan gitarnya keren. harmoni musiknya juga mantap. lagu ini emang menyihirku dari dulu. biasa kutulis disurat cinta untuk sseorang. wakakaaa.
aku suka bagian awal lagu ketika ada akordion yang bermain. begh. bikin hati tersayat-sayat dah. haha.

lagu 2 (jakarta) - iwan fals
kalau aku ke jakarta, aku selalu ingat lagu ini. iwan fals memang sudah pengalaman malang melintang di jakarta, pantas saja lagu ini 'jakarta' banget. lagu ini bikin aku tidak punya cita-cita sedikitpun untuk tinggal disana. jakarta, sudah habis.
lagu ini berdurasi 11 menit 25 detik. lumayan untuk ukuran lagunya iwan fals. ada akustik, juga masukan gitar elektrik meraung-raung lama di akhir. pelengkap harmoni. namun menguatkan.

demi cinta - padi
aku setel kaset ini berulang-ulang dulu. punya iwan. dia sobat padi yang benar-benar fanatik. demi cinta jadi soundtrack perjalananku ke sindoro dulu. aku masih ingat betapa aku, darso, kripton, iwan, nunung, ripki dan mas dwi tidak minum selama perjalanan dari puncak ke turun. dan lagu ini jadi penawar rasa hausku. haha, perjalanan yang indah.
demi cinta, sudah lama aku tak dengar kabarmu.

terendap laraku - naff
selain padi, iwan juga suka naff. dan melalui lagu ini juga dia meracuniku pelan-pelan. secara tidak sadar, aku jadi suka. terendap laraku sudah dari tahun entah kapan. mungkin sewaktu aku masih SMP. tapi baru ku hafal liriknya kemarin-kemarin.

cemburuisme - the banery
ini hanya persoalan timing. aku tak sengaja liat aksi panggung mereka di tivi saat mereka manggung di bandung. wah, keren abis. apalagi pas duet bareng kuburan. mantap abis. musik keren, aksi panggung gila!
cemburuisme lagunya lucu. nadanya juga. kawan, kalian harus mendengarkan.

kata - the trees n the wild
andai sehari saja aku masih di jogja, aku bisa melihat band ini tampil live di jec. ah, tapi aku sudah ada janji di hari berikutnya. pekerjaanku banyak nian menumpuk di laptop. dan tenagaku memang sudha habis.
the trees n the wild termasuk band pelompat jaman, cutting the edge. band ini hadir dengan musik folk yg dihiasi dengan orkestrasi yg indah. mereka tak segan untuk bereksperimen dan melakukan ekplorasi dan memasukan beragam macam instrumen yaitu, synthesizer, percussion, serta alat musik tradisional demi memperkaya lagu. kesan megah pun tak dapat terhindari dari beragam aransemen yg menimbulkan ambience seolah melayang.
kata, salah satu lagu favoritku. simpel tak berat. enak didengar.

kita liat nanti, kedepan, apakah suasanaku berubah, ato tidak. semoga membaik.

11:30
19 desember 2010
sembari mencari playlist lain, menyeseuaikan hati.
ah, aku ingin musik old disco!

2 kata-kata:

meita kurniasari mengatakan...

jhah,,tadinya aku juga mau buat tulisan begini tapi males le nulis hahahah,,
kalo aku masi tetap
gamaliel semua hwahahh

Hilmy Nugraha mengatakan...

@meta, ayo ikin mey, biar seru.