Ayo Ikuti Kampanye Earth Hour! Matikan Listrik Satu Jam Saja!




Kampanye perubahan iklim Earth Hour akan berlangsung pada Sabtu (27/3) dengan acara mematikan lampu pada pukul 20.30-21.30. Diharapkan acara ini akan bakal lebih besar dari tahun lalu yang diikuti lebih dari semiliar penduduk bumi.

Acara Earth Hour ini dimulai pada 2007 dengan sponsor WWF dan harian Sydney Morning Herald. Acara itu diikuti 2,2 juta warga Sydney yang mematikan peralatan listrik tidak penting di rumahnya.

Tahun berikutnya, acara lebih luas. Banyak kota di dunia mulai mengikutinya. Acara dipastikan dilakukan pukul 20.30-21.30 waktu setempat pada Sabtu terakhir Maret.

Pada 2009 dilaporkan sekitar satu miliar penduduk bumi ikut dalam kampanye Earth Hour ini. Tahun ini, pada malam minggu ini, sebayak 121 negara sudah menyatakan berpartisipasi.

Sejumlah gedung dan bangunan terkenal juga akan ikut acara mematikan lampu mulai dari menara Eiffel di Paris, Empire State Building di New York, gedung tertinggi dunia Burj al-Arab di Dubai, sampai Gedung Opera Sydney.

Sebagian warga Indonesia sudah memulai ikut kampanye ini tahun lalu meski terlalu sedikit karena kurangnya kampanye. Tahun ini kampanye juga sangat minim, hanya muncul di sejumlah radio atau di sekolah-sekolah elit. Kampanye di Facebook, misalnya, dengan tajuk "Earth Hour 2010 Indonesia" hanya mendapat 167 pengikut.

Mungkin juga warga Indonesia kurang bersemangat dengan acara ini karena mati lampu bukan hal yang aneh di negeri ini, berbeda dengan pasokan listrik di Sydney atau Paris misalnya.

nb : dari tempointeraktif, sip! semangattt!

0 kata-kata: