Alasan Kenapa Harus Keliling Indonesia

"Keliling dunia itu biasa, keliling indonesia baru luar biasa."
Ini kata bapak teman saya.

Mencoba banyak hal baru adalah sebuah tantangan selama hidup saya. Saya terinspirasi benar oleh film yang berjudul " The Motorcycles Diaries". Film yang menceritakan perjalanan Che Guevara dengan karibnya mengelilingi Amerika Latin untuk mengetahui hal apa saja yang terjadi disana. Kemudian saya tercerahkan dengan berbagai ekspedisi yang dilakukan oleh teman-teman saya melalui Ekspedisi Garis Depan Nusantara maupun Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa. Yang kedua-duanya melakukan perjalanan berkeliling Indonesia untuk membuktikan betapa mahakayanya negeri ini.

Ya, saya harus melakukan sesuatu. Saya tak boleh berhenti pada tahap terinspirasi saja.

Bagi saya, berkeliling Indonesia merupakan 100 hal yang harus dilakukan sebelum saya mati. Saya bercita-cita untuk bisa mengunjungi sebanyak mungkin tempat di Indonesia, supaya mampu memahami, betapa indahnya negeri ini, baik alam, sosial maupun budayanya.

Saya ingin meninggalkan warisan pada anak cucu saya, orang-orang terdekat saya, dalam bentuk dokumentasi baik tulisan, foto maupun video, tentang Indonesia. Saya ingin sesering mungkin 'memperkenalkan kembali' Indonesia kepada orang-orang disekitar saya. Membangkitkan optimisme mereka, bahwa negeri ini indah, kaya dan berbudaya. Saya ingin membesarkan hati mereka, bahwa kita ditakdirkan untuk menjadi bangsa yang besar.

Ini adalah cara saya mencintai negeri yang luar biasa ini.

"Cara terbaik mencintai negeri ini adalah menjelajah ke setiap pelosok Indonesia,  membuktikan bahwa negeri ini memang indah, kaya dan berbudaya, dan menyebarkan aura positif ini ke sebanyak mungkin orang." (Hilmy Nugraha)

2 kata-kata: