buku tergeletak

"book collecting is an obsession, an occupation, a disease, an addiction, a fascination, an absurdity, a fate. it is not a hobby. those who do it must do it. those who do not do it, think of it as a cousin of stamp collecting, a sister of the trophy cabinet, bastard of a sound bank account and a weak mind."
— Jeanette Winterson


ramadhan ini kuharap jadi banyak perubahan dalam diriku. mulai dari rajin ibadah, rajin membaca, rajin nulis, rajin bersih-bersih rumah, hingga rajin mandi. namun harapan tinggal harapan. aku tetap mempertahankan tradisi lama yaitu bermalas-malasan dengan itu semua. ah, kau memang tak berubah hill!

apa lagi tentang buku. bulan ramadhan ini targetku adalah menyelesaikan buku api sejarah-nya ahmad surya mansurnegara. buku setebal 584 halaman ini kuniatkan selesai bersamaan selesainya bulan ramadhan. dan kemabli lagi, niat tinggal niat. meski sudah kuperpanjang berkali-kali di perpus, aku tetap saja belum menyelesaikannya. sudah tahu begitu, aku menambah daftar bacaan lagi di bulan ini. aku memperbanyak koleksi buku tentang tulis menulis. aku cari buku-buku hernowo. di perpus, punyaku, pinjam dan di togamas. ku temukan dua judul. vitamin T kudapat di perpus dan quantum writing kupinjem dari Mas Ryan. kutambah lagi daftarnya dengan buku menyusuri lorong-lorong dunia tulisannya mas sigit susanto. diatas buku itu kutumpuk buku marketing is bullshit, penulisnya ippho santosa, kupinjam dari rizky.

sudah banyak daftar buku yang mesti kubaca bulan ini, namun aku tetap saja malas membacanya. dan kegilaanku berikutnya muncul. aku malah membeli buku. burdah (muhammad adib), balthasar odyssey (amin maalouf) , menatap punggung muhammad (fahd djibran) dan galaksi kinanthi (tasaro gk). ah, gila! sudah buku yang kemarin belum kelar, aku malah membeli buku. book shopaholic kau! belum selesai mengagumi kegilaanku yang sebelumnya, aku kembali menambah daftar bacaan lagi. aku pinjam 3 buku tentang kepenuliasan dari hani dan 1 novel muhammad, lelaki penggenggam hujan milik afi. edan!

ya, entah karena kesibukanku atau karena kemalasanku, kesemua buku itu hanya tergelatak di kamar, diatas kasur, diatas printer, bahkan ada beberapa tercecer di lantai. aku jadi malu. berniat menjadi penulis, tapi untuk membaca saja malas bukan main.

aku hanya berdalih, seperti yang di ucapkan frank zappa :

"So many books, so little time."
— Frank Zappa

so, lets read! ojo males rek!


nb : kata melyn : sakit gila no 25, suka beli buku tapi males bacanya. hoho

6 kata-kata:

Catatan Sang Pemimpi mengatakan...

berkunjung mas....

aq pinjam lah mas buku ny...
klw nda d baca...

meta si loveable mengatakan...

yang pasti karena keMALASan mu ntis
wkwkwkwkwkkkkkk.....
ndang buat semangat baru,

afi mengatakan...

Pramudya barter sama galaksi kinanthi!
Kaya2ne dah g sebel sm togamas/gramed/toko buku yg lain nih :D

- iftien - mengatakan...

wah jangan2 ntar abis blanja di shoping,..bukunya cuma digeletakin :(

sayang,..ckckck

Sivi B.S. mengatakan...

nggak papa mas, masih mending kan ada niatan mau baca, daripada enggak sama sekali...
hiks2... malesnya kok sama kayak saya... cuma harapan dan harapan aja... :'(

Hilmy Nugraha mengatakan...

@arif : boleh boleh, bookswap ya!
@meta : wkwkwk, ngerti aja ko!
@afi : mau! he, sedikit bersahabat.
@tien : ke shoping mau beli bundel majalah. hihi
@sivi : hoho, manusia vi, suka naek turun semangatnya (dalih) hehe