The Power Of Positive

Sbelum bakal saya kisahin ilustrasi dari buku Setengah Isi Setengah Kosong karya Parlindungan Marpaung.

Seorang staf muda bagian promosi produk pakaian dalam pria diminta pimpinannya utuk melakukan survei pasar di lokasi suku pedalaman. Hal itu dilakukan untuk melihat kemungkinan ekspansi pasar disana. Hari pertama berada di lokasi membuatnya frustasi karena melihat hampir semua pria suku pedalaman ini tidak menggunakan pakaian, apalagi pakaian dalam. ‘tidak mungkin melakukan ekspansi ke tempat ini!” katanya mantap, lalu iapun pergi pulang ke kantor pusatnya.

Si Pimpinan tidak percaya dan mengirim staf muda lainnya untuk mencari pendapat kedua. Begitu tiba di lokasi, si staf muda yang kedua ini langsung terpenrangah menyaksikan ada banyak pria suku pedalaman yang tidak menggunkan pakaian dalam. “Ini kesempatan emas, justru melalui ekspansi pasar membuat mereka semakin beradab!” sergahnya dengan penuh optimis. Iapun segera menghubungi kantor pusatnya, menginformasikan bahwa ada ladang baru yang harus di garap.

Ilustrasi di atas bisa kita jadiin contoh buwat berpikir posisitf. Tapi sebelumnya, apa sih berpikir positif itu?

“Berpikir positif adalah mencari hal-hal positif dari sesuatu yang kita alami setiap hari”

Kita bakalan dapet banyak manfaat kalo kita bisa berpikir positif. Antara lain, hidup kita jadi produktif, karena ga ada keluh kesah dalam ngejalanin hidup. Hidup kita bakal bahagia, karena tetep bersyukur. Kita jadi kreatif dalam beraktifitas, karena selalu dapet pelajaran dalam setiap peristiwa.

“Kalau kita puya keyakinan yang kuat bahwa kita pasti berhasil, kita akan termotivasi untuk melakukan tindakan, sedang orang yang tidak yakin berhasi sering kali sudah menyerah sebelum bertindak atau bahkan tidak bertindak sama sekali”

Kalimat tersebut ada di bukunya Om Tung Desem Waringin yang judulnya Financial Revolution. Keyakinan di atas sama aja dengan kita berpikir positif. Berpikir positif yang bakal mempengaruhi setiap tindakan kita. Bener kata AA Gym, setiap teko pasti ngeluarin apa yang ada di dalamnya, sama kayak kita semakin kita punya pikiran positif tentunya kita bakal melakukan hal-hal yang positif, hal-hal yang bermanfaat buwat diri n orang lain.
Berlaku juga hukum input output disini. Input = positif, maka output = positif. Apa yang kita inputin juga pengaruh bakal jadi output kita. Sering kita masukin pikiran-pikiran ini dengan positif maka mental yang terbentuk adalah mental positif, mental pemenang, mental sukses.

Jjika kita mau survive dalam hidup, kita harus menghadapi dan memenangkan perang mental yang ada dalam diri kita sendiri, yaitu perang antara kekayaan mental dengan kemiskinan mental”

Lawan semua energi negatif kita. Lawan pake mental positif. Kalahin malas pake disiplin, lawan bohong pake jujur, lawan berpikir pendek pake visioner, lawan egois pake kerjasama, lawan tak acuh pake peduli, lawan semua energi negatif pake energi positif. Kuncinya semua ada di pikiran kita. Kalo udah positif tentunya bakal gampang buwat berlaku positif.
Kalo dalam pikiran kita ada kata-kata “ oh kayaknya gak bisa neh”, “kayaknya aku emang gak pinter neh”,”wah, aku males bgt neh”. Lawan semua pake kata-kata kalo perlu teriakan, “AKU BISA!!”,”AKU BISA PINTER KALO MAU BELAJAR”,”KALO MAU SUKSES KUDU DISIPLIN”.
Jadi orang positif, arahkan pikiranmu jadi pikiran positif, bentuk jadi mental positif, lalu mengaplikasikannya dengan tindakan positif. Pasti kita bakal jadi manusia positif yang berguna!

So, apa aja sih ciri-ciri orang positif :

1. Selalu liat masalah sebagai tantangan
Ilangin kata-kata “masalahnya….”, ganti pake kata-kata ”tantangannya…”, kita bakalan optimis bisa nyeleseinnya, karena manusia cenderung negrasa berani kalo dikasih tantangan.
2. Nikmatin hidup
Pemikiran positif bakal bikin hidup itu terasa nikmat. bakal nerima keadaannya dengan besar hati, meski gak berarti dia gak berusaha buwat ngecapai hidup yang terbaik.
3. Pikiran terbuka buwat nerima saran n kritik
Karena dengan gini, bakal ada hal-hal baru yang bakal bikin segala sesuatu jadi lebih oke. Inget, semua yang masuk ke dalam diri kita pasti ada manfaatnya, meski itu caci maki sekalipun! Inget, pasti ada manfaatnya!
4. Ilangin pikiran negatif
Bakal banyak masalah kalo kita tetep memelihara pikiran negatif. For example, kalo kamu ngerasa males n ga bisa dalam melakukan sesuatu, kamu bakal bener-bener males n gak bisa ngelakuin hal tersebut, padahal kamu tu fit n mampu. Inget lagi, kata-kata itu pengaruhnya nyata sekali dalam pikiran kita, n pikiran itu ngaruhnya ke tindakan! Jadi, ati-ati kalo ngomong, jangan sering pake kalimat-kalimat negatif.
5. Menyukai apa yang dimilki
Gak bakal sedih dengan apa yang gak kita punyai, selalu inget nikmat yang udah Tuhan berikan buwat kita.
6. Gak sah dengerin gosip yang gak jelas
Udah pasti, gosip itu temen baeknya pikiran negatif. So, gak perlu banget dengerin kabar-kabar yang gak jelas asal muasalnya, Cuma bikin capek pikiran, n bikin prasangka macem-macem.
7. Gak bikin alasan, langsung aksi!
Gak ada istilah NATO (No Action Talk Only) buwat orang positif. Banyak cincong gak ada kerjanya cuma bikin repot orang lain. Bikin orang lain pengen ngejitakin kita. He 14x... so, lets Action!
8. Pake bahasa positif
Neh penting neh, selalu pake kalimat-kalimat yang nadanya positif, nada optimis, nada semangat, kayak “AKU BISA!!”, “MASALAH INI BAKAL SELESAI”, “PASTI ADA HIKMAHNYA”, “AKU PASTI SUKSES” masih banyak yang laen…
9. Pake bahasa tubuh yang positif
Selalu pake bahasa tubuh yang positif, wajah yang selalu ceria, lengkap pake senyum di bibir, langkah tubuh yang tegap, n gerakan tangan yang ekspresif. Kalo bicara pake intonasi yang bersahabat, antusias, n “hidup”.
10. Bersyukur
Tetep ingat nikmat-nikmat dari-Nya... keep spiritualis bro!

Kata AA Gym :

“Salah sau ciri orang sukses yaitu orang yang berhasil mengembangkan potensi positifnya sehingga hidupnya kian hari kian manfaat bagi sesama juga bagi mahluk lainnya”

Nah udah jelas banget kan beda orang positif n orang negatif. Walau keduanya punya kesamaan, sama-sama nyebarin virusnya masing-masing. Orang positif bakal mikiran n ngelakuin hal-hal yang bermanfaat buwat dirinya n buwat orang lain. Orang negatif itu gak ada gunanya malah bakal bikin rugi orang lain. Tinggal kita mau jadi penyebar virus positif ataw virus negtaif.
Balik lagi, saya ambil kata2 dari teman baik saya,

“life is choice, hidup adalah pilihan”

Tinggal kita pilih, mau jadi apa kita? Orang positif or orang negatif?


Salam semangat!


Hilmy Febrian Nugraha

0 kata-kata: