QOLB


beberapa hari terakhir merupakan hari yang tidak produktif bagi aku. malas, tak ada pencapaian. menulis malas. membaca malas. buku kupinjam dari perpus masih utuh belum habis kubaca, baru kubaca sampulnya saja. buku yang dipinjamkan hanni pun juga. masih tersimpan rapi di tas. buku agatha christie yang ada di kasur tergeletak tak berpindah tempat dari 3 hari yang lalu. oh, kenapa ini. laptop kugunakan cuma browsing-bowsing saja. mengecek penerbangan, buka milis, cek imel, nongkrong di MCI. facebook, yang biasanya aku begitu rajin, aku malas bukanya. entah berapa friend request yang kubiarkan pending. aku sedang tak peduli. blog, hanya sesekali kuisi. itupun dengan curhat-curhat picisan yang memuakkan. apalagi note di facebook. ayam, kubiarkan hidup saja dikandang. tak kuteliti banyak-banyak. jika ada yang mati ya kubuang saja. selebihnya orang rumah yang ngurus. SDCP, target januari ini pake mikrotik, belum sempat kusempurnakan, atau mungkin lebih tepatnya "malas kusempurnakan". ah, kenapa lagi ini? kenapa hidupku gini-gini aja?

spec, jadwal ujian akhirku hari minggu ini, malas kudatangi. dengan alasan macam-macam. kampus, ada saja hal yang membuatku malas masuk kelas. laporan praktikum menumpuk, urusan dengan dosen yang belum kelar. ngaji, sama saja. sama malasnya.

aku tak pernah menyalahkan oranglain dalam hal malas ini. bukan karena lingkunganku yang membosankan atau membuatku malas. bukan karena kampusku yang tak cukup membuatku berminat dengan ilmu-ilmunya. bukan karena laptopku yang belum bisa maen game secanggih laptop windows. bukan karena buku-buku yang kupinjam tak menarik. bukan karena laporan yang harusnya kukerjakan tak dapat kurampungkan. bukan karena guru ngajiku kurang menarik dalam membagi ilmunya. bukan karena dosen yang galak setengah hidup jika aku punya urusan dengan dia. bukan karena huda yang tak bisa mengerjakan mikrotik SDCP. bukan akrena ayam tak menggemaskan bila diteliti.

tapi,
mungkin lebih tepatnya karena diriku sendiri.
ya, diriku sendiri.

Ustadzku pernah bilang, semangat itu timbulnya dari Qolbu, dan Qalbu itu berasal dari kata QOLB. yang artinya bolak-balik. hati kita begitu mudahnya terbolak balik karena sesuatu hal. kadang kita merasakan begitu semangatnya hingga yakin sekali bisa mendapatkan apa yang kita inginkan, termasuk mendapatkan oranglain, hati orang lain. kadang kala ketika sedang lemah, hal sekecil apapun yang kita minati bahkan tidak menarik bai diri kita.

ya,
yang ku butuhkan saat ini mungkin refreshing,
ke Brunei mungkin.

0 kata-kata: