hah!

“Aku sering ditikam cinta, pernah dilemparkan badai, tapi aku tetap berdiri”.

(Nyanyian Jiwa - album Swami Il 1991)

3 kata-kata:

Unknown mengatakan...

ASIK!! ><

Hilmy Nugraha mengatakan...

kok asik?

Unknown mengatakan...

(Saya potongkan tulisan ya...)
Oleh: Suyatna Pamungka
silakan kalau bersedia re-post

........................

"Jadilah diktator, untuk diri sendiri!"

Seorang raja sudah seharusnya dan selayaknya berwatak bagaikan Chiron, yaitu bisa menggunakan sifat manusia dan sifat binatang. Sifat manusia dan binatang tersebut harus digunakan bebarengan.
Itu kata tokoh politik termasyur pada masanya, Nicolo Machiavelli. Seorang pemimpin yang filsuf di abad modern dari mahzab renaisans.
Orang hebat itu bisa membuat Italy bangga pada dunia, seorang leaders dunia telah lahir. Teori-teori kekuasaan yang terangkum dalam ll principe mampu menginspirasi tokoh besar dunia lain seperti Hitler dan Napoleon. Machiavelli, patron raja-raja yang ingin kekuasaannya mutlak, ditakuti rakyat seperti serigala, lincah cerdik bagaikan seekor kancil.

Ia tahu tentang Chiron. Ia juga mengenal Machiavelli, meski tak sedalam Angga, pengetahuannya mengenai tokoh satu itu.

Sekarang aku tahu bagaimana mengambil pelajaran dari tokoh hebat itu,
"aku akan menjadi diktator, untuk diriku sendiri"