apa yang sudah bisa neysa lakukan?



neysa, ponakanku yang hendak 3 tahun di oktober esok sudah bermacam-macam tingkahnya. dan ada-ada saja tentunya. dan tulisanku kali ini, akan membahas semua kebisaannya yang selama ini sudah dilakukan. check this out!

mulai dari menghafal warna, dia sudah bisa membedakan warna biru, hitam dan merah. karena dia punya spidol baru yang dibelikan ayahnya dengan warna itu. biasa untuk menggambar layang-layang di whiteboard.

tau perbedaan bentuk, mana kotak, lonjong, bintang, segitiga. ini bisa karena ada mainan puzzle bidang.

bisa menyanyikan puluhan lagu anak-anak. hapal mulai awal umur 2 tahun, karena ada vcd lagu anak terpopuler volume ke 6, dengan 12 lagu hits anak-anak, yang selalu dia minta putar pagi, siang bahkan malam sebelum tidur. hingga kami bosan mendengarnya. selanjutnya perbendaharaan lagunya meningkat drastis seiring omnya yang menemukan puluhan lagu anak-anak di internet, dan kemudian disetel setiap pagi setelah bangun tidur. memang benar, masa bangun tidur adalah golden time, waktu dimana paling berharga dalam hidup. dan kami mengisinya dengan lagu-lagu riang gembira khas anak-anak.

bisa menggambar bulat (menurut neysa). bukan bentuknya yang menarik, karena memang bukan bulat, tapi bisa menyatukan dua garis menjadi satu pada ujungnya. bagiku ini bagus, karena motoriknya bagus.

bisa lompat satu kaki, bisa turun dan naik tangga dengan selamat, sudah tidak takut licin, dan bosa berlari-lari lincah macam kijang kecil. ini hal-hal yang berhubungan dengan keseimbangan.

neysa sudah bisa memilih baju sendiri. sehingga sekarang dia punya baju favorit, yaitu kaos barbie warna pink dengan setelan celana pendek warna pink pula. baju yang selalu ia minta pakai kemana ia pergi. tak peduli kotor, basah atau bahkan mungkin sudah dipakai tadi. hufh, membuat bunda menyimpan baju ini untuk sementara. prinsip keadilan perlu ditegakkan, tidak pilih kasih, pemerataan, dan ini adalah terhadap baju.

neysa sudah bisa gaya dalam foto. sehingga bunda sering kerepotan minta foto dari kamera digitalnya. sering minta difoto pake kamera hp bunda. dan omnya sering kerepotan karena minta foto via photobooth laptop kesayangannya. hufh, darimana virus narsisnya muncul? aku yakin ini wabah epidemik yang menular melalui om dan bundanya. hahaha.

neysa sudah bisa naik sepeda roda tinganya. minimal mengayuh. maju mundur. hanya sayang, tak bisa belok. macam babi hutan mengejar pemburu (analogi yang aneh!!). namun dari sini kami sekeluarga sudah untung, karena tidak perlu lagi repot-repot mendorong sepedanya jika dia minta naik sepeda. karena terkadang dia sendiri yang mendorong sepedanya dengan penumpang bonekanya yang dia beri nama "dede gendut" (padahal bonekanya kurus kering, kayak omnya, haha)

neysa sudah bisa masak-masakan. sudah bisa menggoreng, merebus, menuang, mengaduk, dan membakar (intinya sudah tau bedanya), tentu saja pura-pura. dan tidak tanggung-tanggung properti yang digunakan adalah properti asli yang biasa digunakan eyangnya. panci asli. piring beling. soled asli. sendok asli. garpu asli. baskom plastik besar. teflon asli. hanya kompor dan api yang tidak ada. *properti yang digunakan aman untuk anak-anak.


neysa sudah bisa bilang terima kasih. untuk seseorang yang bisa mengambilkan bsesuatu untuknya. maupun untuk hal apapun yang dilakukan untuknya. dia tau makna pengorbanan.

neysa sudah bisa mengupil. ini merupakan perilaku hidup sehat yang diajarkan omnya. omnya selalu berkata, kebersihan merupakan sebagian dari iman, jadi bersihkanlah hidungmu neys! terimakasih neys, kau memang murid yang baik.

meski belum semua kemampuannya ditulis disini termasuk memecah piring, membuat bundanya marah-marah, membangunkan omnya tidur, bikin eyang bingung cari properti masaknya, dan lain sebagainya, yang terakhir ini adalah kemampuan neysa yang paling bisa kuhargai.

ya, neysa dah bisa bilang "ombimi ganteng!",
subhanallah, sungguh anak ini demikian jujur, baik hati dan cerdas. perpaduan kecerdasan spiritual, emosional dan intelektual yang sempurna. kau benar neys, ombimimu memang ganteng!
silahkan kawan, kalian boleh mengamini.
dan aku tahu, anak kecil tak pernah tak jujur.

5 kata-kata:

Avita Dewi Septiarini mengatakan...

"ombimi ganteng"

hwewewe dek neysa hanya ingin membuat hatimu senang mas,,xixixixi

Padahal dalam hati dia bilang "ombimi jelek"

peace mas...:p

Hilmy Nugraha mengatakan...

huh, tega kau ta...

Avita Dewi Septiarini mengatakan...

teganya teganya teganya .... ndak papalah sekali2 aku bilang jujur,,mewakili isi hati dek neysa........

Hilmy Nugraha mengatakan...

neysa yang jujur tuh ta!

Avita Dewi Septiarini mengatakan...

^_^

iya iya ombimi ganteng
ngalah aja aku sama neysa..
jangan sampe ombimi nya ngambek...ntar kalo ngambek berabe...Kalo di kasi eskrim juga ndak bakalan mau..
xixixixixixi