pertanyaan kiki

aku punya teman cewek, namanya Kiki. teman akatel. yang kukenal, dia orang yang baik, bahkan teramat baik. aku ingat, sewaktu aku praktikum, dia adalah asistem praktikum mata kuliahnya. dan nilai praktikumku baik semua. alhamdulillah, makasih ki. hehe.

tapi bukan ini yang hendak aku ceritakan. aku akan bercerita tentang bagaimana dia menolong teman-teman yang lain dengan cara yang lain.

semester-semester akhir, adalah semester saat pengerjaan Tugas Akhir, bagi yang sudah bisa mengambil. dan bagi aku, belum saatnya. masih banyak tanggungan. dan teman-teman sudah mulai banyak yang mangambil TA. dan saat itu pula banyak yang mengadakan seminar pra proposal.

kiki selalu hadir disetiap ada seminar pra proposal teman-teman. kehadirannya menjadi hal yang ditakutkan buwat teman-teman. bukan karena menghabiskan konsumsi seminar, tapi karena pertanyaan-pertanyaan yang sulit pada saat sesi pertanyaan.

kiki menanyakan hal-hal yang bahkan belum pernah terpikirkan untuk jadi pertanyaan bagi pengisi seminar. bahkan lebih dalam daripada dosen pembimbing itu sndiri. kiki menanyakan hal-hal dasar yang kadang sepele namun terlupakan. atau kadang dia menanyakan hal rumit, tapi itu merupakan inti dari materi. kiki tak segan-segan menanyakan hal yang sbenernya itu menjadi hal yang paling ditakuti oleh pengisi seminar. kiki, menjadi seahat-jahatnya peserta seminar. ibarat kasarnya demikian.

tapi, yang aku tau, bukan untuk menjatuhkan. tapi bahkan, setauku, niat kiki baik. dia hanya berusaha agar teman-teman menguasai materi sedemikian rupa, sehingga tak kaget apabila di sidang nanti. iya, niat kiki baik, agar teman-teman paham, bahwa di sidang nanti, sudah bukan urusan main-main lagi, dan tidak bisa se fleksibel seminar pra proposal. niat kiki baik, dengan cara menanyakan hal-hal yang mungkin ditanyakan penguji saat sidang nanti.

dan, di akhir seminar, dia pasti mendekati teman-teman pengisi seminar dan meminta maaf atas pertanyaan-pertanyaan tadi, tapi juga mendukung terus usaha mereka.

ah, ki, hebat kali kau ini!


nb : kapan kamu TA hil?

0 kata-kata: