#2 : Suparmin, Pak RT Kemana Saja

Namanya Suparmin. Lelaki paruh baya asal Tambak, selatan Banyumas. Sejauh yang saya kenal, belum pernah ada orang yang menjadi Pak RT selama ini. Sejak masih bujang di Tambak, awal nikah, punya anak di Perumahan Kalibogor, sampai punya cucu di Perumahan Puri Kargin.

Totalitasnya diacungi jempol. Seperti hidupnya untuk melayani umat satu RT. Siang malam siap ditemui. Terlebih sekarang sudah jadi pensiunan. Siang ngecek proyek masjid. Sore keliling pos satpam. Malam ikut ronda ambil jimpitan.

Menariknya lagi, karena bertahun-tahun bertahan dan tidak naik jabatan menjadi ketua RW, apalagi Kades. Duduk jabatan bukan yang dia cari. Pengorbanan dan pelayanan prinsipnya.

Dimana-mana, saya tahu kalau jabatan ketua RT adalah jabatan paksaan. Hampir tidak ada yang mau. Sudah tidak ada bayarannya, kalau bekerja banyak diprasangkai, orang tidak ada yang minat, harus siap 24 jam urus rakyat.

Pak Parmin bukan orang biasa. Seperti sudah menemukan tugas hidupnya di dunia ini. Jadi ketua RT dimanapun dia tinggal. Sekarang masih aktif di RT saya. Siang malam ngurus rakyat satu RT.
Totalitas tanpa pamrih.

Hilmy Nugraha

@hilmyhilmyx

- sent from my Lenovo Android

0 kata-kata: